TERTANAM [PLANTED]

Posted on Updated on

image

Semua jenis tanaman akan tumbuh subur dan berbuah lebat apabila ia tertanam di tanah dan iklim yang pas dan cocok untuknya. Bila tidak, tumbuhan itu akan berjuang setengah mati untuk hidup, dan akhirnya tidak akan menghasilkan apa-apa, kemudian mati. Misalnya tanaman bunga Mawar, bila ditanam dipinggir pantai, atau tanaman kaktus ditanam dipuncak gunung bersalju, tentunya akan sulit untuk hidup apalagi berbunga.

Kondisi kehidupan rohani seseorang bisa dijabarkan seperti itu. Ia harus tertanam di gereja yang cocok untuknya, menghisap unsur-unsur didalamnya, sehingga ia tumbuh besar dan kuat. Mungkin selama ini kita telah melihat banyak orang, atau mungkin kita sendiri, datang dan pergi, atau berpindah-pindah dari satu gereja ke gereja lain selama bertahun-tahun dan tidak pernah menemukan gereja yang cocok. Secara pribadi, aku mengalami hal itu yaitu berkeliling dari gereja ke gereja sebelum menemukan gereja tempatku berbakti, itu hanya dalam beberapa bulan pertama setelah dibaptis. Setelah itu, aku senantiasa beribadah, menerima dan menyerap makanan rohani yang disediakan, mendukung visi gereja dan melayani sampai sekarang.

Aku menuliskan ini bukan karena mengganggap kerohanianku sudah bagus dan sempurna, Tetapi aku sedih mendapati beberapa dari teman-teman yang tidak mampu untuk duduk bersama dan sharing seputar kerohanian untuk memberkati satu sama lain, padahal rata-rata sudah jauh lebih lama bergereja. Mereka akan menjadi kelompok yang sepertinya tersingkir, padahal tidak. Kerohanian yang bertumbuh adalah hasil dari keputusan dan perbuatan. Tuhan memberikan kita keselamatan dan kesempatan untuk bertumbuh melalui hamba-hamba dan gereja yang dipilihNya.Jadi jika ingin bertumbuh dan berbuah, marilah kita lihat, sudah sejauh mana kita tertanam di gereja tempat kita beribadah saat ini. Bila setelah bertahun-tahun hidup masih sama seperti sebelum bertobat, apa artinya? Jika kita masih belum mengalami perubahan karakter, apalagi perubahan hidup,  Maka kita harus bertanya pada diri sendiri, buat apa sih ke gereja? Orang yang sulit tertanam akan sangat rugi, ia sulit bertumbuh secara rohani karena sulit mencerna ajaran Firman Tuhan yang disalurkan  melalui gerejaNya.

Untuk menumbuhkan sisi kerohanian dalam hidup seseorang, ia harus terlibat dalam beberapa hal. Contohnya :

  • Rajin dan setia beribadah
  • Dilayani, digembalakan dan dimuridkan.
  • Mendukung visi dan misi gereja
  • Melayani sesama dalam Komunitas.
  • Mengambil bagian dalam pelayanan
  • Tunduk dan taat pada otoritas kepemimpinan
  • Terlibat aktif dalam program-program yang relevan [dengan talenta/karunia/pelayanannya].

Tapi meskipun seserorang terlibat dengan hal-hal diatas, rohaninya tetap akan mengalami kebolongan, bila dalam kehidupan sehari-hari ia tidak memelihara satu unsur terpenting, yaitu Tuhan. Gereja hanyalah berupa fasilitas yang membantu kita bertumbuh, tapi kita sendirilah yang menentukan pertumbuhan kita. Ibarat semua tanaman yang tumbuh ke atas ke arah datangnya sinar matahari, tidak peduli di tanah dan iklim ditempatnya tertanam, demikian juga kondisi jemaat di akan tumbuh bila berfokus kepada Tuhan, tidak peduli dari gereja mana ia tertanam.

Jadi selain kita mendapatkan unsur-unsur makanan dari gereja, kita secara pribadi juga harus:

  • Hidup fokus pada Tuhan
  • Memelihara hubungan pribadi yang semakin erat dengan Tuhan dari hari ke hari
  • Menghormati Tuhan dengan melakukan perintahNya
  • Mengasihi Tuhan dengan menjauhi laranganNya.

Tanpa hal-hal tersebut diatas. Rohaninya akan kurus kering, kurang gizi, dan akhirnya mati. Ia akan ketinggalan dari teman-temannya yang melesat maju dengan satu Roh. Mari kita berinstropeksi dan  bertumbuh bersama-sama sehingga hidup kita menjadi berkat. Jika hidup kita bisa membuat orang lain diselamatkan, maka nama Tuhan akan ditinggikan. Amin.

Mazmur 92:13-14  (92-14) mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
(92-15) Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s