SEJAHTERA KOTAKU

Posted on Updated on

MISI:

Aksi sosial dilakukan bukan  karena mereka telah berbuat baik kepada kita, tetapi karena Tuhan yang terlebih dahulu mengasihi kita, sehingga kita seharusnya meneladaniNya dengan membuka tangan lebar-lebar bagi kaum tertindas dan miskin di negeri kita ( baca : Titus 3:4-5; Ulangan 15:7-11).

Surabaya, 06 Desember 2014, Lokasi TPA.Benowo Surabaya

kegiatan  pemulung

Kehidupan kaum pemulung yang setiap hari pekerjaannya bergumul dalam tumpukan sampah kota yang bergunung-gunung bukanlah sebuah pilihan bagus. Namun mereka harus melakukannya demi tuntutan hidup. Setiap hari, dengan tenaga mereka mengais, memilah dan membersihkan sampah yang terkumpul dari seluruh kota Surabaya. Kehidupan mereka jarang disorot. Bagaimanakah kehidupan mereka yang sebenarnya? Apakah mereka hidup dengan layak? Adakah yang bisa kita lakukan untuk mereka?

TPA Benowo sebagai tempat dimana kehidupan komunitasnya belum sejahtera dipilih sebagai salah satu lokasi tujuan Aksi Natal 2014.  Dengan tema SEJAHTERA KOTAKU, maka pada tanggal 06 Desember 2014 yang lalu,  YSKB bersama dengan GMS Sat.Barat berbagi kasih dalam bentuk “Pengobatan Gratis dan Pembagian Sembako” kepada  500 pemulung yang berusia anak-anak sampai umur 75 tahun disana.   Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 9 pagi itu mengajak serta sekitar 90 volunteer dari jemaat GMS dari berbagai latar belakang.

Tentang alasan mengapa tim YSKB datang kesana, Pak Jack, salah satu pengurus dari YSKB menerangkan, “para pemulung bekerja ditempat yang tidak banyak orang inginkan. Sudah selayaknya kita memberikan perhatian dan mengasihi  mereka yang telah berjasa untuk kebersihan kota”.  Demikian juga kesan dari Ps Denny Renata, Gembala Sat.barat yang ikut serta dalam aksi ini merasakan langsung suasana di lokasi TPA. Melihat kehidupan mereka yang keras sejak jam 7 pagi sampai jam 5 sore, bahkan ada yang kerja shift malam. Demi tuntutan hidup, makan ditempat yang sangat bau sekalipun tidak dihiraukan. Mereka menikmati hidup dengan rasa syukur dan bekerja dengan penuh sukacita.  “Jadi janganlah melupakan mereka, jadilah terang dalam hidup mereka”, demikian tambahnya,  Ia mengajak semua orang yang hidup dalam zona nyaman, terutama jemaat GMS sebagai anak-anak terang  untuk mulai ikut memperhatikan kaum yang terpinggirkan.

Meski termasuk masyarakat yang terpinggirkan, mereka semua bersikap baik dan sopan. Sejak panitia tiba di lokasi TPA pagi itu, mereka mulai mengantri kupon pengobatan gratis dan kupon penukaran sembako dan dengan terlihat tertib mengikuti petunjuk yang diberikan oleh panitia, sabar mengantri giliran untuk diperiksa oleh tim dokter, begitu juga saat mengantri sembako.

Ketika ditanya perihal penghasilan mereka, rata-rata pemulung yang diwawancarai mengakui penghasilan mereka tidak menentu, tetapi cukup untuk hidup sehari-hari dan mereka sangat bersyukur untuk itu. Yang menjadi beban adalah masalah kesehatan. Kendala dalam perizinan membangun klinik di lokasi TPA merupakan salah satu sebab kesehatan mereka tidak termonitor dengan baik. Keluhan pusing sering terjadi terutama pada yang bekerja shift malam karena siklus hidup yang tidak seimbang. Kualitas udara yang banyak mengandung gas methan dan ammonia juga menyebabkan keluhan pernafasan. Kunjungan YSKB kali ini yang membawa program Pengobatan Gratis telah memberikan semangat baru bagi mereka.  Korkam PTSO, Bapak Asnawi juga mengharapkan kunjungan rutin YSKB untuk membantu memfasilitasi pengobatan bagi kaum pemulung ini. Harapan serupa juga dilontarkan oleh beberapa volunteer yang ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka mengaku bahwa dengan ikut kegiatan ini, mereka belajar  untuk rendah hati dan mengasihi, Sebab dengan melihat kehidupan dari sisi lain, mereka bisa ikut merasakan kerasnya kehidupan kaum  yang jauh lebih sederhana. Kotor dan bau tidak menjadi masalah, dan mereka  berharap semoga kegiatan serupa ini tidak hanya dilakukan pada saat natalan, tetapi sudah boleh rutin dijadwalkan. Kasih telah dinyatakan dalam bentuk perbuatan.  Kegiatan ini sukses, semua pihak bersukacita. Puji Tuhan!

Galeri Kegiatan:

sukarelawan antri kupon ANTRIAN DOKTER

pengobatan GratisAPOTIK denny renata SEMBAKO

 

Sumber cerita: Rangkuman dari rekaman wawancara di TKP : Pak Jack, Ps Denny Renata, Korkam PTSO Pak Asnawi, Dr Minarni, para Pemulung dan para Volunteer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s