TUHAN PUNYA RANCANGAN YANG INDAH

Posted on Updated on

Secara hukum, namaku adalah Juely, berasal dari bahasa Prancis kuno, yang artinya -batu berharga- jewel.  Sedangkan  nama  mandarinku adalah Yeuw li, artinya – ada rezeki-.

Bukan kebetulan bila kedua nama tersebut memiliki arti yang hampir sama, berharga dan rezeki sama-sama adalah berkat, batu berharga adalah rezeki. Dan aku yakin, kehidupan yang berharga  adalah rancangan Allah untuk kujalani.

Berbicara tentang batu berharga, pikiran kita pasti langsung melayang ke perhiasan berlian yang berkilauan dibalik etalase toko perhiasan.  Benar itu adalah batu berharga, tetapi batu berharga tersebut  sudah mengalami banyak proses supaya menghasilkan kilau indah dan sempurna. Aslinya, batu berharga berbentuk tak beraturan sewaktu dikeluarkan dari tambang (lihat gambar), seorang perancanglah yang membuat desain dan menetapkan proses yang akan dijalani si batu untuk menjadi berkilau mahal.

Kita semua dilahirkan tanpa tahu apa-apa. Tetapi meskipun begitu, aku yakin kita semua dilahirkan sebagai batu berharga. Dari tidak tau apa-apa, kita perlu menjalani kegiatan-kegiatan seperti makan-tidur-belajar-bekerja-dll supaya kelak mengerti tentang kehidupan, dan disitulah kita  mengalami yang dinamakan proses.

Proses,  ada yang cepat, ada yang lambat, ada yang enak,  ada yang tidak enak, ada yang berhasil dan ada yang gagal. Untuk kita, hasil akhir dari proses kehidupan kita akan diketahui pada saat kita meninggal. Apakah kita telah menjadi batu berharga yang berkilau, ataukah batu berharga yang cacat yang ukurannya kecil dan menjadi turun nilainya, ataukah batu yang tetap sama yang tidak mengalami proses.

Aku suka terkesima mengingat kejadian-kejadian masa lalu dimana aku mengalami kecelakaan-kecelakaan. Salah satu kejadian yang aku ingat jelas terjadi di kota Medan dimana pada saat itu aku bersama 2 orang temanku hendak pergi ke tempat  les bahasa Inggris dengan menumpang becak mesin. Becak mesin di Medan dimodifikasi dari motor yang ditambahkan satu fasilitas untuk menampung 2-3 penumpang disampingnya. Saat itu, ditengah perjalanan, ga tau kenapa tiba-tiba ban depan dari motor tersebut tiba-tiba mengarah ke atas dan kemudian menghantam muka sang abang becak, dan kemudian becak kami terbalik dan kami bertiga terkurung didalam box tempat duduk. Setelah ditolong beberapa orang, akhirnya kami berhasil keluar dari becak tersebut. Si abang becak mukanya berdarah, sepertinya bibirnya sobek, sedangkan kedua temanku lumayan parah luka-lukanya. Diriku? tidak ada luka sedikitpun, bahkan memarpun tidak ada! Luar biasa! Kejadian itu hanyalah salah satunya, yang pasti  Tuhan selalu luputkan bahkan di saat aku belum mengenal, belum percaya, apalagi menerima Dia.  Bukan sebuah kebetulan bila aku dilindungi secara penuh pada saat itu.

Sementara diluputkan dari kecelakaan, gesekan-gesekan dan benturan-benturan pun tidak mau ketinggalan, mereka menghampiri silih berganti, dan terkadang  aku bahkan tidak mengerti maksudnya apa. Didalam gesekan dan benturan tersebut terdapat sakit hati,  pemberontakan dan air mata.  Sakit sampai aku ingin menghilangkan semua rasa yang kupunya. Pertanyaan apakah maksud Tuhan dengan kejadian-kejadian tersebut? Apakah ini takdirku? Apakah Tuhan yang merancangkan hal demikian terhadap ciptaanNya? Mungkinkah seorang kreator merancangkan keburukan terhadap kreasinya? Tidak mungkin…

Jawabannya kutemukan setelah mengenal dan menerimaNya sebagai Juru Selamat, bahwa Tuhan tidak merencanakan rancangan kecelakaan namun justru rancangan damai sejahtera, tujuannya adalah  untuk memberikan hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).

Artinya, apapun yang kita alami dalam hidup kita, semua sudah ada dalam rancangan Tuhan, walaupun terkadang kelihatan sebagai rancangan kecelakaan, namun sebenarnya adalah rancangan damai sejahtera. Berada dibawah tekanan peristiwa yang tidak diinginkan  adalah akibat kita tidak berjaga-jaga, baik secara fisik, pikiran  maupun secara rohani.  Pada saat itulah Tuhan mau kita segera sadar akan keteledoran tersebut dan kemudian segera mendatangiNya , sang sumber pengharapan. Disanalah Damai Sejahtera berada.

Apakah yang akan terjadi bila kita berpengharapan padaNya? Masa-masa buruk akan berlalu dengan kemenangan di pihak kita, supaya kita bisa bersaksi kepada sesama dan membawa kemuliaan bagi namaNya.

Jadi sebenarnya,  kita semua dirancangkan untuk dipakai dalam kerajaan Allah, kita dipilih untuk menjadi saksi kemenangan dalam latar belakang dan peristiwa yang pernah kita alami. Melalui pengalaman itulah kita memberkati sesama, itulah pelayanan yang hidup.

Hidup sesuai rancanganNya kita lalui  dengan cara percaya kepadaNya sehingga muzizat dinyatakan dalam hidup kita. Maka, izinkan Dia untuk ikut campur dalam hidup kita, undang Dia  dalam keseharian untuk mengajari kita supaya hidup kita menjadi penuh (artinya hidup damai sejahtera).

Allah tidak menciptakan kita tanpa tujuan.  Dalam rencana-Nya itu, Ia “menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat” ( 2 Petrus 3:9) ; jadi Allah bermaksud agar kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta memenuhi kehendak-Nya untuk melayaniNya. Orang yang mengenal Tuhan akan segera mengenal rancangan untuk dirinya, sehingga pada saat dia jatuh, dia akan segera bangkit karena dia melihat Tuhan ada disana dan rancangan yang indah ada bersamaNya.

Mazmur 139:13-16

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun  aku dalam kandungan   ibuku Aku bersyukur kepada-Muoleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib ; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan  di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi  yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis   hari-hari yang akan dibentuk,  sebelum ada satupun dari padanya.

Iklan

2 thoughts on “TUHAN PUNYA RANCANGAN YANG INDAH

    HOW LOW CAN YOU GO? « JuelyJulie said:
    Oktober 28, 2012 pukul 7:13 pm

    […] tidak pernah merencanakan yang buruk untuk kita, melainkan rencana yang baik dan indah (baca : Tuhan punya Rancangan Yang Indah). Apakah rencana itu akan tergenapi adalah tergantung bagaimana cara kita menghadapi kehidupan.  […]

    Suka

    MENJADI DIRI SENDIRI VS IMEJ | juelyjulie said:
    Agustus 11, 2012 pukul 7:42 pm

    […] Post navigation ← TUHAN PUNYA RANCANGAN YANG INDAH […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s