ALKOHOL: MUSUH YANG BERBAHAYA

Posted on Updated on

Artikel ini bukanlah hasil karyaku… tetapi aku terjemahkan  dari salah satu website kesehatan yang berbahasa Inggris sebaik mungkin, sesuai janjiku di artikel sebelumnya Re: Gelap terang Hitam Putih _ pertanyaan 1

ALKOHOL

Penguasa yang kejam

Apakah kamu ingin mendengar cerita tentang salah satu penguasaterburuk yang pernah dimiliki dunia? Penguasa ini telah menyebabkan kematian jutaan orang, membawa malu atau aib bagi jutaan lebih. Bahkan anak kecil telah disakiti atau dibuat tidak bahagia, dan rumah tangga tercerai berai-semua karena penguasa ini mengendalikan tidak hanya tindakan tetapi pikiran orang. Menurut kamu apa yang harus dilakukan kepada penguasa seperti itu? Aku percaya bahwa kamu akan mengatakan   bahwa semua kekuatan tersebut harus diambil segera dan jangan pernah mengijinkannya  untuk memerintah,   bahkan satu orang lagi.

Nama ini penguasa adalah Alkohol. Alkohol dalam minuman seperti anggur, bir, dan wiski telah membawa kesulitan bagi manusia selama ribuan tahun. Alkohol telah menjadi penguasa atas jutaan orang selama waktu itu. Koran-koran memberitahu setiap hari dalam kecelakaan atau kejadian sedih lainnya yang disebabkan oleh seseorang yang telah minum minuman keras (minuman mengandung alkohol). Alkohol mempengaruhi dengan cara yang berbeda pikiran dan tubuh semua yang meminumnya. Ini telah menjadi penguasa yang sangat kejam bagi banyak orang. Kekuatan jahat yang dapat dibagi dengan tidak menggunakannya. Banyak orang mencoba untuk mengambil kekuatan jahat itu.

Apa itu Alkohol?

Alkohol yang dibuat oleh kuman yang berasal dari ragi. Mereka bereaksi di jus anggur dan jus buah lainnya saat ditekan keluar dan didiamkan di tempat yang hangat. Kuman ragi tersebut hidup dan tumbuh dalam gula yang ada dalam jus dan dengan demikian mereka menghasilkan alkohol. Proses ini disebut fermentasi. Alkohol bahkan terbuat dari biji-bijian dan sayuran dengan menambahkan air dan ragi dan kadang-kadang gula.

Di luar tubuh, alkohol sangat berguna dalam banyak hal. Ia merupakan pembantu yang sangat bagus. Berguna dalam  kedokteran, dalam dunia industri, dan di banyak tempat lainnya. Ia digunakan dalam membuat pernis, parfum, film, dan artikel lainnya. Dalam beberapa kasus ia digunakan untuk membakar seperti halnya bahan bakar. Ia kuat dan beracun. Bila dimasukkan ke dalam tubuh, mungkin menjadi seorang penguasa yang sangat buruk. Beberapa orang mungkin meminum minuman beralkohol tanpa merasa hal tersebut berbahaya,  tetapi mereka tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi pada untuk mereka. Kita tahu bahwa alkohol menyakiti ribuan orang setiap hari. Mereka akan jauh lebih baik tanpa minuman beralkohol.

Mengapa Alkohol Berbahaya?

Penggunaan alkohol dapat menjadi kebiasaan. Banyak orang yang memulai dengan minuman sesekali menemukan dirinya  menjadi peminum rutin. Mereka yang mengkonsumsi minuman beralkohol dalam  jumlah sedang menemukan  bahwa setelah beberapa saat mereka ingin jumlah yang lebih besar dan lebih besar lagi  untuk memenuhi keinginan mereka untuk itu. Mereka menjadi lebih sering minum. Alkohol adalah zat pembentuk kebiasaan. Dengan cara inilah ia  menjadi penguasa pikiran dan tubuh.

Alkohol sangat berbahaya bagi otak. Otak adalah bagian dalam tulang tengkorak, atau kepala. Ini adalah bagian tubuh yang mengarahkan pikiran kita, otot kita, dan bagian lain dari tubuh. Salah satu efek awal dari sejumlah kecil alkohol bahkan mulai memudarkan, atau melemahkan kekuatan otak untuk mengarahkan dan mengendalikan tubuh. Efek menumpulkan atau efek mematikan  dapat dibandingkan dengan melepas “rem” yang memegang mesin di bawah kontrol. Ketika otak seseorang yang tumpul oleh alkohol, ia sangat mungkin untuk melakukan dan mengatakan hal yang dia biasanya tidak akan lakukan. Kekuatan kontrol diri dan pengendalian diri (memegang diri di cek) telah melemah. Jika  ini terjadi, artinya  alkohol sudah mulai memerintah!

Alkohol mempengaruhi kerja mental. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa orang yang otaknya telah tumpul oleh alkohol tidak bisa berpikir begitu jelas, menambah, mengurangi, mengalikan, atau membagi angka-angka sehingga secara akurat yang biasanya mampu dilakukan tanpa alkohol. Dia tidak bisa menghafal begitu cepat, atau ingat dengan baik setelah minuman beralkohol.


Alkohol menumpulkan indra khusus. Indra khusus adalah mendengar, merasakan, melihat, mencium, dan merasakan. Indra khusus tergantung pada otak dan saraf. Ketika otak dan saraf dipengaruhi oleh alkohol, orang tidak dapat mendengar atau melihat dengan baik. Kamu dapat melihat betapa pentingnya hal ini bagi siapapun yang  mengemudi mobil. Terlalu banyak alkohol juga pada suatu waktu akan menyebabkan seseorang kehilangan selera terhadap makanan dengan bumbu biasa. mereka mereka menuntut lebih banyak garam, merica, dan rempah-rempah karena selera mereka telah tumpul.

Alkohol melemahkan daya kontrol otot kita. Baiklah, menggunakan otot secara benar dan hati-hati diperlukan untuk berhasil dalam  permainan dan olahraga dan jenis pekerjaan tertentu. Kita menyebutnya keterampilan. Sejumlah kecil alkohol akan mengurangi keterampilan dalam melakukan hal-hal yang memerlukan kemampuan untuk berpikir cepat, dan melakukan gerakan yang halus  dan hati-hati.  Alkohol melemahkan kekuatan dan “daya tahan”, yang berarti melemahkan kemampuan untuk terus melanjutkan sampai akhir pertandingan atau pekerjaan di tangan. Sejumlah besar alkohol mengganggu begitu banyak  kontrol otot sehingga orang yang terkena mungkin terhuyung-huyung saat ia berjalan. Dia tidak bisa berjalan dalam garis lurus tidak peduli seberapa keras dia mencoba. Sekali lagi, alkohol adalah penguasa yang buruk!

Penggunaan alkohol secara terus menerus mengurangi resistensi terhadap banyak penyakit. Telah ditemukan bahwa peminum minuman beralkohol rutin  lebih mungkin untuk mengidap atau memiliki penyakit tertentu daripada orang-orang yang tidak minum. Ia menyebabkan kesulitan lebih bagi peminum untuk pulih dari penyakit daripada mereka yang tidak minum. Perusahaan asuransi jiwa telah menemukan bahwa tingkat kematian lebih tinggi pada orang yang pengguna moderat stabil alkohol ketika diasuransikan dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya dalam bentuk apapun.

Alkohol adalah penyebab kecelakaan. Alkohol menumpulkan kemampuan seseorang untuk berpikir cepat dan mengendalikan otot-otot akurat. Ia membuat seseorang berpikir bahwa  dia memiliki kekuatan dan keterampilan lebih  dari yang benar-benar dimilikinya.  Kondisi ini kemungkinan menyebabkan kecelakanan di sekitar alat-alat  bermesin. Tidak dianjurkan untuk mengemudi setelah mengkonsumsi  alkohol ke dalam tubuh. Alkohol membuat orang ceroboh. Kecerobohan telah menyebabkan banyak kebakaran dan kecelakaan lainnya, di rumah dan di tempat lain. Sekali lagi, alkohol adalah penguasa yang buruk!

Alkohol bukan makanan nyata. Alkohol tidak dapat membantu dalam membangun otot, tulang, gigi, atau bagian lain dari tubuh. Anak-anak kadang-kadang diberikan bir atau anggur untuk diminum. Hal ini berbahaya karena alkohol yang dikandungnya. Ada bahaya lain juga. Sangat mungkin minuman tersebut dapat melumpuhkan beberapa manfaat  dari susu yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk membangun otot baik, tulang dan gigi.

Penggunaan alkohol adalah musuh kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan. Pebisnis biasanya lebih suka orang yang bukan peminum untuk posisi kepercayaan dan tanggung jawab.

Untuk membuat keberhasilan hidup, kamu harus membuat keputusan untuk menghindari minuman beralkohol setiap saat.  Minuman yang pertama adalah yang paling berbahaya. Orang yang tidak pernah mengambil minuman pertama akan menghindari bahaya yang diperintah oleh alkohol. Tidak ada hal yang lucu ataupun cerdas apapun mengenai minuman beralkohol. Siapapun di bawah pengaruh alkohol adalah pemandangan menyedihkan. Dia adalah dalam cengkeraman penguasa yang buruk.

Hindari Minuman Beralkohol

Cobalah untuk Ingat:

1. Alkohol berbahaya karena:

  • alkohol adalah zat pembentuk kebiasaan.
  • alkohol berefek buruk pada:
    • Otak
    • Saraf.
    • Otot.
    • Organ penting lainnya.
    • Mengganggu kerja.
    • membuat orang ceroboh.
    • Menyebabkan kecelakaan.
    • Merusak banyak rumah tangga.
    • mengggagalkan banyak prospek cerah.

2. Alkohol bukan makanan nyata.

3. Alkohol mengganggu:

  • Kesehatan.
  • Kebahagiaan.
  • Sukses.

4. Minuman beralkohol memboroskan waktu dan uang.

5. Biarkan alkohol menjadi hamba yang berguna di luar tubuh. Jangan biarkan masuk dan menjadi penguasa tubuh.

6. Hindari Minuman Beralkohol dalam bentuk apapun.

Beberapa Permasalahan untuk direnungkan:

  1. Mengapa alkohol disebut “penguasa kejam”?
  2. Apa orang Indian menyebutnya wiski orang kulit putih?
  3. Bagaimana minuman beralkohol membuat orang bertindak jika mereka minum banyak?
  4. Sebutkan beberapa hal yang ceroboh bahwa minuman beralkohol dapat menyebabkan orang untuk melakukan.
  5. Mengapa susu minuman lebih baik daripada anggur atau bir?

(karya asli : By William E. Burkard judul Alcohol: A Dangerous Enemy)

Semoga diberkati 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s