TIPE ORANG-ORANG YANG HARUS DIHINDARI | GTHP1

Posted on Updated on

Senang sekali mendapat banyak respon dari para pembaca Gelap Terang Hitam Putih yang masuk melalui private message, luar biasa!! sungguh diluar ekspektasi dan  terima kasih yaaa…semuanya.

Banyak masukan, pertanyaan, dan sanggahan mengenai point2 tertentu. Dan dalam artikel hari ini, aku ingin membahas lebih jelas tentang point2 yang dipertanyakan, dan aku kategorikan menjadi 3 pertanyaan, antara lain:

  1. Mengapa orang baik tidak boleh bergaul dengan orang jahat.
  2. Mengapa orang Kristen tidak diperbolehkan menikah dengan orang non Kristen
  3. Orang Kristen itu fanatik?

Baiklah, aku akan berusaha mengulas pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi 3 blog terpisah (sebab ada pembaca yang memberi masukan supaya blog jangan dibuat terlalu panjang).

Markitmul (maksudnya mari kita mulai… 🙂 pertanyaan pertama…

1.    Mengapa orang baik tidak boleh bergaul dengan orang jahat.

Sebenarnya dalam artikel tersebut bukan mengelompokkan orang baik dan orang jahat. Tetapi lebih memfokuskan pada perbedaan-perbedaan extreme  dalam kelakuan dan kebiasaan rutin yang membuat hubungan tidak lancar atau tidak bisa dilakukan karena berbeda tujuan, kecuali salah satu pihak mau berkorban lebih supaya hubungan tersebut  tetap berlanjut, itulah sebabnya aku beri judul Gelap Terang Hitam Putih untuk mendramatisir  perbedaan tersebut.  So, bukan boleh atau tidak boleh, tapi harus dipertimbangkan lebih jauh tujuannya kemana.

Dalam ajaran Alkitab (1 Korintus 5:11) yang aku singgung di blog yang lalu, ada 6 jenis orang yang harus dihindari yaitu, orang cabul, kikir, penyembah berhala,  pemfitnah, pemabuk atau penipu

Tetapi berpendapat bahwa menghindari jangan bergaul bukan berarti mengkarantina diri kita terhadap golongan tersebut, tetapi  boleh berkomunikasi dan mengenal mereka, tanpa melibatkan mereka kedalam kehidupan pribadi. Jangan dijadikan teman karib yang dimana-mana kita selalu kelihatan bersama mereka.

Kamu pernah mendengar pepatah “berada di tempat dan waktu yang salah”? aku kasih illustrasi lagi yaa…salah satu pengalaman Ira dan Ani 🙂

Ira yang sudah semakin dekat hubungannya dengan Ani, semakin sering menghabiskan waktu bersamanya.  Ira menikmati tertawa bersama Ani, menikmati cablak-nya, banyolannya, walaupun seringkali kasar dan jorok. Mereka sering makan, nonton, shopping bersama .. dan sangat menikmatinya. Suatu hari, setelah hubungan mereka cukup dekat, Ani mulai  mengajak Ira ke Club, dengan alasan dengerin live musik. Semula Ira ragu-ragu, antara ya dan tidak karena dia menikmati waktu bersama Ani, sedangkan nuraninya menolak.  Tetapi seperti air menetesi batu, lama-kelamaan batupun bolong, akhirnya ajakan Ani berhasil.

Berangkatlah mereka berdua menuju klub langganan si Ani.  Disana, Ani memesan minuman beralkohol tinggi, istilahnya: buka botol dan  menawarkan ke Ira. Ira yang masih “hijau” tentu saja menolak dan memesan softdrink. Mereka duduk di sofa  dan menikmati hingar bingar dan dentuman musik yang menghentak. Ira sesekali merasa gelisah, ada sesuatu yang mengganjal dihatinya. Diperhatikannya Ani  minum-minum dan menertawainya. Hebat,  sampai isi botol habis,  dia masih belum pingsan namun bicaranya semakin melantur. Satu jam …. dua jam …tiga jam-pun berlalu… Ani sudah membuka botol ke 2, dan mulai berteriak memanggil2 rang-orang yang dikenalnya di Club itu… beberapa pria datang  menghampiri, memberinya cipika cipiki dan duduk disampingnya, memeluknya, dan memberinya sesuatu…. pil terlarang.

Ira kaget, dan berusaha mengatakan sesuatu untuk menghentikannya, tetapi dia tidak berani bertindak lebih jauh, Ani mulai lupa diri..dan Ira ketakutan…. dan tiba-tiba saja….. PRIIIIIITTTTTTT….. Sekelompok Polisi menerobos masuk dan melakukan razia dadakan.. dan kemudian sampai ke meja mereka… apa yang ditemukan? obat terlarang berserakan di sofa dan ada yang tanpa sengaja berada pangkuan Ira. Apa yang terjadi lagi? Ira akhirnya ikut diciduk bersama Ani dan para lelaki itu??? kabur… Apa yang terjadi lagi? Ani dan Ira meringkuk di tahanan…

Itulah yang kusebut sebagai berada ditempat yang salah pada waktu yang salah. Mungkin kamu akan menganggap aku berlebihan dan menertawakan apa yang kuilustrasikan diatas,  tetapi please…jangan anggap remeh masalah-masalah yang mengundang bahaya.

Aku ambil pemabuk sebagai perwakilan dari 6 karakter diatas, adalah karena mereka secara sadar merusak diri mereka sendiri, baik secara fisik maupun mental.  baca Alcohol: A Dangerous Enemy. (buat kamu yang kesulitan mengerti dalam bahasa Inggris, aku coba menerjemahkan dalam bahasa Indonesia di artikel berikutnya).

Sekian penjelasan singkat ini.  Aku akan bahas pertanyaan kedua di artikel berikutnya.

Semoga diberkati 🙂

Iklan

2 thoughts on “TIPE ORANG-ORANG YANG HARUS DIHINDARI | GTHP1

    FANATIK | GTHP-3 | JuelyJulie said:
    Desember 24, 2012 pukul 12:12 am

    […] 2. ORANG-ORANG YANG HARUS DIHINDARI | GTHP-1 […]

    Suka

    Kawin Campur : GTHP2 |GELAP TERANG HITAM PUTIH 2 | JuelyJulie said:
    Desember 23, 2012 pukul 11:53 pm

    […] MENGAPA TIDAK ADA ABU-ABU |GTHP1 […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s