Psttt… INI RAHASIA LHO!

Posted on Updated on

Kedua wanita itu sedang berbisik-bisik seakan-akan sedang membicarakan suatu rahasia yang sangat penting.   Dengan mimik wajah yang serius nan dramatis, wanita pertama berkata kepada wanita kedua,”Sumpah!!! aku dapat info ini dari orangnya langsung lho, dia punya pacar gelap bahkan sudah punya anak satu dari simpanannya itu,  tapi…kamu jangan bilang-bilang yaa..!! ini rahasia lho!!…. kalo sampai tersebar, habislah aku”.  Betapa kita selalu menjumpai yang seperti ini, orang-orang yang suka bergosip selalu mengatakan, ini rahasia…jangan bilang-bilang yaa!

Bukannya berhenti disitu, wanita kedua kemudian menyebarkan gosip tersebut ke wanita ketiga, wanita ketiga ke wanita keempat, sampai berita tersebut kemudian menjadi rahasia umum.  Karena dari satu mulut ke mulut lainnya selalu dibekali embel-embel,”jangan beritahu sispa-siapa ya! ini rahasia, aku cuma memberitahu kamu saja”.  “ho-oh, iya deh..iya deh… ini rahasia”, demikian respon si penerima info. Dan si bocor mulut yakin bahwa rahasia tersebut akan aman di mulut orang yang diberitahunya, dan tidak menyadari apa yang telah dikatakannya bisa jadi sudah ditambah-tambahkan atau dikurangi atau dibelokkan versinya, sehingga berita menjadi berita yang sangat menarik.

Mempunyai RAHASIA jelas mempunyai RESIKO. Untuk Rahasia penting biasanya mengandung resiko tidak menguntungkan.  Banyak film-film action yang mengisahkan tokoh yang mengetahui suatu rahasia, hidupnya dibayang-bayangi bahaya, bahkan jiwanya terancam.  Berita-berita di media massa-pun tidak ketinggalan. Misalnya, beberapa tahun terakhir kita disuguhkan berita tentang pengungkapan kasus korupsi oleh KPK. Siapa yang menyangka, wanita sehebat Miranda Gultom menjadi tersangka kasus korupsi? Dan siapa menyangka Angelina Sondakh juga diduga terlibat hal yang serupa? Saat ini mereka terpaksa meringkuk di tahanan,  karena rahasia  mereka terbongkar, sehingga dalam waktu singkat, mereka yang terbiasa hidup bermewah-mewah, harus menerima untuk menetap di ruang tahanan yang sederhana.

Jadi, bila kita mempunyai rahasia, ada baiknya tidak memberitahu kepada siapapun juga, ingat baik-baik..jangan beritahu siapapun juga, karena bila sebuah rahasia diceritakan bahkan kepada satu orang saja, maka hal itu bukan menjadi rahasia lagi. Rahasia haruslah ditutup rapat-rapat.

Bagaimana bila kita yang dibagikan sebuah rahasia oleh orang lain? Jujur, mengetahui rahasia orang lain sungguh tidak enak rasanya.  Bebannya sungguh berat,  terutama bila tiba-tiba “rahasia” itu beredar, maka secara tidak langsung kita menjadi tersangka sebagai pembocor rahasia, padahal belum tentu sang pemilik rahasia hanya memberitahu kepada kita seorang.  Tapi bila kita dipercayakan sebuah rahasia, ada baiknya kita anggap tidak pernah mendengar hal tersebut, dan tutuplah bibir rapat-rapat untuk menceritakan kepada siapapun juga. Firman Tuhan juga memerintahkan agar kita jangan bocor mulut supaya kita tidak dihindari orang lain … sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut- Amsal 20:19).

So, tentang  menyimpan  rahasia,  menurutku,  jauh lebih baik hidup jujur, terbuka,  dan apa adanya.  Mengapa? supaya kita bisa hidup dengan ringan dan tenang, jauh dari ancaman dan intimidasi yang bisa menggentarkan kita setiap saat.    

Ingat firman Tuhan berkata: Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan – Lukas 8:17. 

Sedangkan tentang rahasia orang lain, mendingan kita berpikir apakah baik dan adakah manfaatnya  buat kita untuk mencari tahu ataupun mendengarkan berita-berita tidak jelas mengenai rahasia seseorang.

Anda punya rahasia? berhati-hatilah! 🙂

Semoga diberkati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s