KEMANAKAH AKU HARUS MELANGKAH?

Posted on Updated on

Episode kehidupan manusia terdiri dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Sebagaimana dikatakan bahwa dunia adalah panggung sandiwara, tiap orang mengambil perannya masing-masing dalam kehidupan ini. Masa lalu yang menjadi episode terdahulu  sudah berlalu, membuat kita melihat dengan jelas cerita dan peran yang telah kita mainkan. Meskipun terkadang cerita tersebut belum selesai, kita tetap harus menunggu script dan peran untuk kita di masa yang akan datang dan melanjutkannya sampai selesai.

Tidak semua orang siap untuk melanjutkan episode kehidupannya yang berikutnya. Salah satu penyebabnya antara lain adalah kegagalannya dalam menjalani peran sebelumnya. Kegagalan sering mengakibatkan  rasa rendah diri, malu, trauma bahkan putus asa.

Aku yakin bahwa tidak ada  seorangpun  yang merencanakan kegagalan dalam hidupnya, Namun,  menjalani roda kehidupan membuat kita mendapatkan giliran untuk merasakan berbagai hal yang berbeda, dengan level dan intensitas yang berbeda juga. Bila roda sedang turun, dimana titik kegagalan itu berada, maka kita akan memerlukan tenaga yang ekstra besar untuk membuatnya berputar kembali  ke atas. 

Ketika berada dibawah, kita sering lupa bahwa kita perlu pengungkit untuk meningkatkan daya dorong ke atas. Kita sering terpuruk dan terdiam dalam posisi yang sama, sehingga kita tidak akan pernah merasakan berkat-berkat yang ada di atas. Yang tersedia semuanya kelihatannya tidak bagus. Kegagalan sering mengundang kegagalan-kegagalan yang lain bila kita tidak  segera berbenah.

Adapun dalam roda kehidupanku, aku pernah berada di titik bawah selama 4 tahun. Waktu yang cukup lama untuk membuatku bergerak kembali  ke atas. Teman-temanku di titik bawah itu adalah ketakutan, tidak percaya diri, dan trauma. Sungguh  tidak mudah menjalani masa itu. Walaupun aku tahu bahwa Tuhan senantiasa mengiringi, tetapi intimidasi-intimidasi berbisik lebih kuat ke telinga hati dan pikiranku. Langkahku selalu terhalang. Membuatku lemah untuk beranjak.

Tetapi justru dalam kelemahan itulah, aku mengalami pemulihan secara perlahan-lahan. Rasa putus asa dan tidak berdaya membuatku mendekat dan bergantung kepadaNya. Dia tidak tiba-tiba saja memberikan kekuatan super untuk bangkit, tetapi Dia bekerja melalui hati. Hati yang hancur, dirawatNya dan dipulihkanNya. Setelah itu, dengan hati yang baru dan  dengan pelan tapi pasti,  pola-pola pikiran yang baru mulai terbentuk, kebiasaan-kebiasaan baru terbentuk sampai pada waktunya kuat untuk berdiri dan  bangkit untuk berputar ke atas. Sejak itu (tahun 2004), aku hidup dalam kemenangan bersama Dia, karena ketergantungan kepadaNya.

KEMENANGAN BERARTI MENINGGALKAN MASA LALU DAN SIAP BERLARI MENUJU MASA DEPAN.

Apapun bentuk kegagalan kita, tidak seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk menjadi stagnan dan diam tanpa berbuat apa-apa. Janganlah hidup dalam kegagalan masa lalu.

Dalam cerita Sodom dan Gomorah, disebutkan bahwa istri Lot berubah menjadi batu saat menoleh ke belakang.  Artinya dalam kehidupan kita, ketika Tuhan menyediakan jalan keluar bagi kita, janganlah kita menoleh lagi ke masa lalu. Bila hal itu kita lakukan, kita akan “membatu” sehingga tidak bisa maju. Daripada “membatu” dalam kesedihan, ketakutan, kekhawatiran, kita harus terus belajar bangkit, memotivasi diri, mengangkat kepala dan melihat ke arah satu titik, yaitu harapan dan masa depan.  Hidup hanya sekali, dan waktu akan terus berjalan, janganlah disia-siakan. Siapkah anda menyambut masa depan?

Seperti ketika kita menuliskan sesuatu diatas pasir dipantai, ketika air datang membasuh pantai, tulisan tersebut akan hilang dan menjadi permukaan pasir yang baru lagi. Seharusnya begitulah mental kita terhadap kegagalan di masa lalu,  tinggalkan dan mulai dari baru lagi. Lupakan yang telah lalu…berlari pada tujuan….masa depan yang penuh pengharapan. JANGANLAH MEMILIH MENJADI TIANG GARAM.

♥ Tuhan Yesus  memberkati 



Iklan

One thought on “KEMANAKAH AKU HARUS MELANGKAH?

    Irish said:
    September 29, 2014 pukul 9:39 pm

    I read a lot of interesting posts here. Probably you spend a lot of time writing, i know how to save you a
    lot of work, there is an online tool that creates high quality, SEO friendly posts in minutes, just search in google –
    laranitas free content source

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s